SPEMDUTA – Fortasi hari ke 2 ini mengusung tema terbaru yaitu edupreneurship dan konten kreator untuk menggali potensi siswa. Acara dilaksanakan di Auditorium Spemduta lantai 1 pada Selasa (16/7/24).
Tujuan diselenggarakannya edupreneurship untuk menanamkan, menambah, dan memupuk jiwa kewirausahaan, menumbuhkan sikap mandiri, kreatif, dan inovatif bagi siswa-siswi baru SMP Muhammadiyah 2 Taman; serta menggali potensi siswa sebagai Acuan Program life skills.
“Kami arahkan siswa bukan semata-mata mengajarkan anak-anak untuk menjadi pedagang, tapi kami berikan mereka semacam tempat untuk mengekspresikan diri. Semua orang bisa menjadi entrepreneur jika diarahkan sesuai dengan skillnya. Spemduta lebih mengarahkan entrepreneur kearah kreatif, inovatif, mandiri dan jujur. Kalau kita bekerja baik, keuntungan itu akan datang sesuai kualitas kerja kita, “ ujar Helena Anggraeini, S.Hum., M.Pd. Keynote Speaker
Guru bahasa inggris tersebut juga mengarahkan siswa sesuai dengan kelompoknya untuk memilih tema market day yaitu: Snack, Food or Drink.
ia juga menambahkan Packing yang menarik menjadi nilai plus tersendiri dalam sebuah produk yang dijual.”
Turut serta menggandeng Influencer Surabaya, Arroyanya sebagai Keynote Speaker yang memaparkan tentang bagaimana membuat konten promosi yang menarik untuk pemasaran produk. Seorang content creator perlu memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif guna menghasilkan ide-ide yang unik dan menarik. Kreativitas diperlukan dalam merancang konsep konten, mengembangkan narasi yang menarik, serta memilih pendekatan visual dan gaya penulisan yang dapat menarik perhatian pembeli.” Ujarnya
Menurutnya ada beberapa tips untuk menjadi konten kreator sebuah produk yang akan dipasarkan yaitu : Memanfaatkan media sosial yang kalian punya, Membuat foto atau video iklan yang menarik, Memanfaatkan tren yang sedang populer, dan Menciptakan konsep produk yang unik.”
Alhamdulilah rangkaian acara edupreneurship dan konten kreator ini berjalan lancar dari awal hingga akhir. Respon peserta didik terhadap acara ini pun sangat aktif. Persiapan market day jum’at juga disambut dengan antusias karena mereka mendapat new experience yang dilakukan dengan kelompok dan teman baru juga tentunya.(*) RJ