Jl. Belakang Pasar Lama No.135 031 7881554 dutamuhammadiyah135@gmail.com
Berita

Skrining HB (Hemoglobin) dan Gigi, Siswa Spemduta Sangat Antusias

SPEMDUTA – Anemia merupakan keadaan menurunnya kadar hemoglobin di bawah nilai normal yang dipatok untuk perorangan. Kegiatan skrining anemia siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman yang bekerja sama dengan Petugas Puskesmas Taman bertujuan untuk mengecek kesehatan anemia pada siswa perempuan khususnya kelas 7 dan juga mengecek kesehatan lain seperti gigi dan konsultasi gizi. Kegiatan skrining dimulai dengan memberikan arahan serta sesi tanya jawab terhadap bahaya anemia pada remaja putri. Kegiatan skrining ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Taman ke SMP Muhammadiyah 2 Taman. Kegiatan skrining ini berlangsung pada hari senin, 15 Januari 2024 bertempat di Meeting Room 301.

Iin Fadilah, A. Md. Kep dari Puskesmas Taman menjelaskan bahwa kegiatan ini penting dilakukan mengingat anemia dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh terutama bila dibiarkan dalam jangka waktu lama. Anemia dapat menyebabkan tubuh mudah lemas dan mudah pingsan.

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Taman,  Drs. Zainal Arif Fakhrudi, M.M. menyambut baik dan mendukung setiap kegiatan yang dilakukan tim kesehatan puskesmas, hal ini sangat membantu untuk pemantauan kesehatan siswa, khususnya remaja putri. Ia berharap kegiatan ini akan berlanjut setidaknya setiap 3 bulan sekali kesehatan siswa dapat terpantau. Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, semoga kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi kesehatan siswa kami. Dengan kondisi badan yang sehat kami berharap dapat meningkatkan semangat belajar siswa untuk mewujudkan Sekolah yang sehat, hebat dan berprestasi’ ujarnya.

Ahli Gizi Puskesmas Taman, Arin memberikan konsultasi terkait pemeriksaan Hb yang telah dilakukan oleh tiap siswa, Hasil kegiatan skrining ini Alhamdulillah semua anak dalam kondisi sehat dan Hb normal sesuai dengan ketentuan. Setelah konsultasi setiap anak kami berikan 1 strips (10 tablet) tambah darah, anjurannya diminum setiap seminggu sekali agar kebutuhan Hb didalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Bukan hanya itu saja beliau juga menyampaikan bahwa harus diimbangi dengan makanan yang bergizi, buah dan sayur serta mengurangi junkfood atau makanan instan lainnya. Imbuhnya

Sedangkan Triyani puji hartini, A .Md. Kesgi, Perawat Gigi menyampaikan bahwa hampir 95% kondisi gigi siswa Spemduta sangat baik begitu pula segi kebersihan juga sangat baik, hanya beberapa siswa saja yang giginya ada lubang tetapi sudah kami tindak lanjuti dengan mengarahkan untuk datang ke puskesmas serta mengingatkan untuk sikat gigi secara teratur sebelum tidur dan mengurangi minuman dan makanan yang manis.

Siswa 7C Sybilla Arsy A.M mengaku sangat antusias terhadap pemeriksaan Hb yang ia dapatkan, karena dengan dilakukannya kegiatan positif ini ia jadi mengetahui Hb yang ada dalam tubuhnya saat ini. “ Alhamdulillah saya senang sekali melihat hasilnya karena Hb saya normal. Bahkan bukan Hb saja melainkan kebersihan dan kondisi gigi saya juga diperiksa dan hasilnya juga baik”. Pungkasnya *(RJ)

 

Leave a Reply