Jl. Belakang Pasar Lama No.135 031 7881554 dutamuhammadiyah135@gmail.com
Berita

Membanggakan, Farchan Choirudin Siswa SPEMDUTA Finisher Lomba Lari 5K

SPEMDUTA – Siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman, kembali meraih prestasi, Farchan Choirudin kelas 9E berhasil menjadi Finisher dalam Cabang Lomba Lari 5K dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada Tanggal 10 November, Minggu (26/11/2023).

Lokasi Perlombaan Lari 5K dan 10 K Run 4 Heroes 2023 diadakan dengan Start dan Finish di halaman depan World Trade Center (WTC), Jl. Pemuda No. 27-31, Surabaya, Jawa Timur, Farchan sapaan akrabnya berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan di lari 5K, karena berhasil melampaui lebih dari 500 peserta lainnya dalam waktu 34 menit.

Anak terakhir dari 2 bersaudara menyampaikan “ Surabaya Run 4 Heroes 2023 ini terdiri dari dua kategori jarak, yaitu 5 Km dan 10 Km. Acara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan instansi, baik instansi pemerintahan TNI/Polri maupun swasta. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, serta untuk mendorong semangat berolahraga terutama lari, jogging, dan gaya hidup sehat.” imbuhnya

Bahkan bukan hanya itu saja di event Surabaya Run 4 Heroes 2023 turut hadir dan berpartisipasi yaitu Wakil Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL), Laksma TNI Arif Badrudin, bersama dengan Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL, Kolonel Laut (P) Cahyo Hendro Guritno, Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL, Kolonel Marinir Rana Karyana, serta sembilan Taruna AAL.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan karakter bangsa yang kuat dengan mengajarkan nilai-nilai kepahlawanan, seperti semangat pantang menyerah, rela berkorban untuk bangsa, rasa solidaritas yang tinggi, dan sportivitas. Salah satu kegiatan yang dapat merepresentasikan nilai-nilai tersebut adalah Surabaya Run 4 Heroes 2023.”ungkapnya

Ia menceritakan bahwa ini kali pertamanya mengikuti lomba lari 5K, dimana persiapannya pun cukup singkat yaitu sekitar 4 bulan bertempat di Lapangan Dewata. Dalam setiap latihan Farchan berlari sebanyak 13x Putaran. Diawal latihan dia menghabiskan waktu lebih dari 40 Menit. Tapi perjuangannya untuk mendapatkan waktu yang lebih singkat terbayarkan dengan hasil yang didapatkan pada awal perlombaan yang ikuti.

Finisher tersebut sangat bersyukur serta bangga karena dapat membawa pulang Medali Perak “Alhamdulillah saya bisa finish lari 5k diwaktu 34 Menit, dimana jauh lebih cepat dibandingkan diakhir latihan yaitu 39 Menit. Senang dan haru juga, senang bisa menjadi Finisher dan mendapat Medali Perak di lari 5K ini, Haru karena keinginan saya untuk berprestasi dan produktiv dapat terwujud melalui bidang olahraga lari ini. Tetapi saya tidak boleh merasa senang dan puas berlebih karena dapat menerlenakan, saya harus berusaha lebih keras dan giat lagi agar mendapatkan medali emas di berbagai perlombaan”  tutur Farchan saat diminta menceritakan pengalamannya di Event Run 4 Heroes 2023.

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Taman, Drs. Zainal Arif Fakhrudi, M.M, mengungkapkan rasa kebanggaan dirinya terhadap prestasi luar biasa yang telah di torehkan oleh siswanya. “Saya sangat bangga terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih oleh siswa kami, harapannya Farchan terus berlatih dan jangan cepat puas agar bisa menorehkan prestasi yang lebih banyak lagi serta keinginannya untuk menjadi seorang Kopassus (Komando Pasukan Khusus) dapat terwujud ”ujarnya. (*) RJ

Leave a Reply